M1 grand, senjata handal saksi bisu dahsyatnya perang dunia

0
23.54


sejarah M1 Grand

1. Perancang.                :John C. Garand (Tahun 1920)
2. Jumlah produksi.     :Sekitar 5,4 juta pucuk 
3. Negara asal               : Amerika Serikat 
4. Masa penggunaan   :1936–1957 (Perang. Dunia II, Perang Korea,Perang Vietnam) 


Spesifikasi 
1. Berat.               :4.31 kg - 5.3 kg 
2. Panjang.          :1.107,4 mm 
3. Panjang laras :610 mm (24 in) 
4. Peluru.             :30-06 Springfield 7.62 × 63 mm 
5. Mekanisme     :Pengoperasian gas, grendel berputar 
6. Rata² tembakan :16–24 butir/menit 
7. Kecepatan peluru :865 m/detik 
8. Jarak efektif.         :550 m 
9. Amunisi.                 :Klip "en bloc" 8-butir, magazen internal 
10.Alat bidik   :Piser depan : Tipe Barleycorn                              Piser Belakang : Tipe lubang. 

 sumber :wikipedia


       M1 Grand, adalah senjata umum bagi para tentara amerika pada perang dunia ke-II, walaupun M1 grand sendiri banyak digunakan oleh negara negara didunia, termasuk indonesia, M1 gran masih identik dengan tentara axis amerika.apalagi bagi yang suka dengan game perang bertema jadul, pasti tidak asing dengan senjata ini.

       senjata M1grand adalah senjata yang sangat populer pada perang dunia-II karena kehandalannya di medan tempur. pada perang dunia 2, senjata otomatis memang belum begitu populer , walaupun sudah diciptakan senjata otomatis seperti mp40,stumgewehr44,thompson dan masih banyak lagi.pada saat itu senjata berkaliber besar dinilai lebih ampuh untuk membunuh musuhnya, karena lebih destruktif dalam sekali tembakan, sehingga M!Grand sangat populer pada era itu. 

       selain itu kemampuan M1 Garand untuk menembak secara semi-otomatis memberi keuntungan yang signifikan di medan perang. Tentara Jerman dan Jepang lebih banyak memakai senapan kokang manual atau sering disebut Bolt Action. Senapan ini kemudian dikenal sebagi "senapan semi-otomatis pertama yang digunakan oleh militer Amerika Serikat", dan Jenderal George S. Patton pun mengakui kehebatan senapan ini dengan mengatakan bahwa senapan ini adalah "Alat tempur paling hebat yang pernah diciptakan". Keunggulan M1 inilah yang mendorong pihak Sekutu dan Axis untuk memproduksi dan mengembangkan senapan yang memiliki kemampuan tembak semi-otomatis dan full-otomatis.

    M1Grand terbukti sebagai senapan yang handal dalam pemakaiannya pada Perang Dunia II dan Perang Korea. Jepang pun mengembangkan desain tiruannya menjelang akhir Perang Dunia II, tapi belum sempat mencapai tahap produksi. 

        senjata legend AK47 juga konon terinspirasi dari senjata ini.pada tahun 1957, M1 Garand digantikan oleh senapan M14. Walau begitu, M1 Garand masih dipakai di Perang Vietnam pada tahun 1963. Senapan M1 Garand akhirnya digantikan seluruhnya pada tahun 1965.



. sekian dari saya .... mohon tinggalkan komen untuk kritik dan sarannya....

About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar: